Gusi Berdarah

gusi-berdarahMenjaga dan merawat gigi merupakan pekerjaan penting setiap hari yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan gigi tetap optimal. Kesehatan gigi dan mulut selalu identik dengan gusi. Gusi merupakan tempat tumbuhnya gigi yang tidak pernah luput dari gangguan seputar gusi. Banyak orang yang sering mengalami pembengkakan gusi akibat sisa makanan yang terselip di antara gigi atau karena gigi berlubang dan tersimpan di dalam gigi kemudian di tusuk atau dicungkil dengan menggunakan tusuk gigi yang tanpa disadari dapat mengenai gusi dan semakin memperlebar kuman dan bakteri berkembang biak kemudian timbullah sakit gigi.

Masalah yang utama yang sering dihadapi pada penderita sakit gigi berawal dari gusi. Permasalah gusi yang paling sering melanda banyak orang adalah masalah gusi berdarah. Gusi berdarah dapat terjadi kapan saja, dan sering kali diabaikan. Gusi berdarah merupakan penyebab awal terjadinya sakit gigi atau dikarenakan adanya gigi berlubang.

Gusi berdarah juga dapat terjadi akibat kesalahan ketika menggosok gigi yang terlalu keras dan mendorong sikat gigi melewati batas garis gusi sehingga melukai gusi dan gusi mengalami peradangan.

Selain akibat kesalahan dalam menggosok gigi. Gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh kurang perhatian dalam menjaga kebersihan gigi dan sering membiasakan mencungkil sisa makanan yang terselip dengan menggunakan tusuk gigi.

Gusi berdarah yang terus terjadi dapat mengakibatkan gingivitis yang merupakan penyakit kronis pada gigi yang diakibatkan oleh penumpukan plak gigi dari sisa makanan dan kebiasaan buruk dalam mencungkil sisa makanan di antara gigi dan gusi. Kemudian menyebabkan gusi berdarah.

Gusi berdarah memiliki ciri seperti gusi kemerahan, gusi menjadi bengkak, secara refleks atau spontan gusi mengeluarkan darah baik saat menyikat gigi atau dalam keadaan gigi rileks. Ciri ini merupakan gejala awal dari peradangan gusi (gingivitis). Selain itu gusi berdarah akan menjadi sering terjadi yang disertai dengan pembengkakan gusi, rasa gatal pada gusi dan sering menemukan noda darah darah yang menempel di gigi saat bangun tidur atau hendak menyikat gigi.

Gusi berdarah akan menimbulkan masalah gangguan gigi dan mulut. Sakit gigi dan gusi berdarah membuat napas menjadi tidak segar atau timbul masalah bau mulut akibat darah, kuman dan bakteri yang menjadi satu dan bakteri mengurai pada kantung gusi.

Oleh karenanya penting menjaga gusi dan gigi tetap bersih dengan cara menghindari beberapa hal berikut sebagai upaya dalam mengatasi gusi berdarah, yakni :

- Hindari penggunaan tembakau dan merokok yang terus-menerus karena akan semakin memperburuk keadaan gusi dan gigi. Gigi jadi terlihat kuning dan gusi akan mengalami perubahan warna gusi menjadi merah kehitaman akibat kandungan nikotin yang tersimpan dalam gusi.

- Jika terjadi gusi berdarah, segera lakukan pengobatan dengan memberikan tekanan langsung pada gusi dengan menggunakan kain bersih yang diisi dengan es batu kemudian tempelkan pada bagian gusi berdarah.

- Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung rasa manis yang pekat. Karena gula akan semakin membuat gusi dan gigi meradang dan merupakan penyebab utama dari timbulnya sakit gigi.

- Banyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan K yang sangat baik pertumbuhan gigi dan enzim gigi untuk melindungi gigi dari masalah gigi berlubang, peradangan gusi, sakit gigi dan gusi berdarah.

- Hindari menyikat gigi yang terlalu keras

- Jangan mencungkil gigi dengan tusuk gigi yang hanya akan menciderai gigi dan gusi gigi bagian dalam

- Selalu menjaga kebersihan gigi dan biasakan usai menggosok gigi, kumur dengan obat kumur yang aman untuk membuang dan mengeluarkan sisa makanan yang tersimpan di karang gigi atau di antara gigi


=====================================

>>> Super Green Plus SG, Obat Sakit Gigi & Radang Gusi Tanpa Efek Samping 100% Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>